HGN 2023 dan HUT IGI ke-14


Dalam rangka merayakan Hari Guru Nasional Tahun 2023 sekaligus Hari Ulang Tahun IKatan Guru Indonesia (IGI) ke-14, IGI Kabupaten Lahat mengadakan tasyakuran. Acara tersebut dihadiri oleh ketua IGI Kabupaten Lahat, Bapak Andi Irawan, M.Pd., beserta sejumlah anggota dan Pengurus Daerah(PD) IGI Kabupaten Lahat. Dalam acara tersebut turut hadir Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lahat, Bapak Niel Adrian, SE., MAP. dan beberapa undangan lainnya. 


Setelah menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan lagu mars IGI, acara yang dipandu oleh Ibu Yulianti, S.Pd., M.M. dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua IGI dan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lahat. Acara tasyakuran tersebut juga diisi tausiah oleh Bapak Asromi Maranto, M.Pd.I. Dalam tausiah tersebut Bapak Asromi menyampaikan beberapa hal berkenaan dengan guru. Beliau menyampaikan beberapa istilah penting tentang guru dalam kajian agama Islam, diantaranya sebagai berikut. 


1. Muaddib atau Musyrif, maknanya juga guru, namun dalam makna lebih spesifik muaddiib adalah orang yang mengajarkan adab (etika dan moral), sehingga murid-muridnya menjadi lebih beradab atau mulia (syarif). Penekanannya lebih pada pendidikan akhlak, atau pendidikan karakter mulia.


2. Murabbi maknanya sama, yaitu guru, tetapi lebih spesifik lagi adalah orang yang mendidik manusia sedemikian rupa, dengan ilmu dan akhlak, agar menjadi lebih berilmu, lebih berakhlak, dan lebih berdaya.


3. Mu’allim maknanya guru juga, tetapi lebih spesifik  adalah orang yang berusaha menjadikan murid-muridnya tahu, setelah sebelumnya mereka belum tahu. Tugas Mu’allim itu melakukan transformasi pengetahuan, sehingga muridnya menjadi tahu.


4. Mudarris maknanya guru, tetapi lebih spesifik adalah rang yang menyampaikan dirasah atau pelajaran. Siapa saja yang menyampaikan pelajaran di hadapan murid-murid, dia adalah Mudarris.


Setelah tausiah acara dilanjutkan ke pemotongan tumpeng sebagai tanda syukur bahwa di usianya yang masih muda belia IGI mampu berbagi dan tumbuh bersama dalam mengembangkan kompetensi guru. Tidak sedikit anggota dan Pengurus IGI yang mendapatkan sejumlah penghargaan di bidang pendidikan. 


Sebagai acara penutup adalah santap hidangan, tukar kado, dan hiburan. Demikianlah acara Tasyakuran HGN 2023 dan HUT IGI ke-14 bersama IGI Kabupaten Lahat. 


Jika Pengalaman adalah Guru Terbaik maka Menjadi Guru adalah Pengalaman Terbaik. Selamat Hari Guru untuk seluruh guru Indonesia. Mari Bergerak Bersama Rayakan Merdeka Belajar. (EY717)


1 Komentar

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama